Home / Artikel /   WARISAN
  WARISAN

  WARISAN

Kata-kata dan rasa hati “Ana khairun minhu; Aku lebih baik daripada dia” adalah warisan Iblis. Ianya tidak benar dan padanya kehinaan yang berakar.

 

Khilaf, lupa dan tergoda; adalah sifat Adam dan Hawa. Tetapi warisan mereka berupa do’a yang begitu indah; “Rabbana zhalamna anfusana…”

 

“Mengapa kudapat ini sedang dia beroleh itu; kenapa dia diijabah dan aku disungkah?” ialah dengki warisan 1 putra Adam. Obatnya; Qana’ah -merasa cukup dan ridha dengan apa yag dipunya- .

 

“Tak kudapati Tu[h]an bagi kalian selain aku; Nil mengalir dikakiku, Mesir memujaku”, kata Fir’aun. Warisannya adalah keangkuhan membinasakan.

 

“Kekayaan dan kejayaan ini, kudapatkan karena ilmu yang kumiliki”, ujat Qarun. Warisannnya adalah: Orang yang meninggikan kemampuan -takabbur-, akan terkubur dalam-dalam. {terkubur dalam-dalam; maksudnya adalah mengenai Qarun diakhir hayatnya ditenggelamkan oleh Allah ta’ala kedalam perut bumi}

 

Tiada yang menandingi kuasa Sulaiman; mulialah warisannya yang tersabda, “Ini adalah karunia Rabbku, untuk mengujiku; syukur atau kufurkah aku.”

 

Terbeban dosa yang lalu dan bicaranya gagu; teguh Musa hadapi musuh yang berkekuatan sedang dia nyaris sendirian. Warisannya; “Rabbisyrahli shadri…” {musuh yang berkekuatan; maksudnya Fir’aun dan bala tentaranya yang besar} {nyaris sendirian; yakni Musa yang hanya berdua dengan Harun}

 

Gagal, marah dan lari tugas beratnya; terkena musibah diperut ikan dan gelapnya samudera; Yunus berwarisan “La ilaha illa anta, subhanaka …”

 

Bal’am si ‘Alim yang menuruti syahwatnya dan menggandrungi dunia; mewariskan; “Terumpakan seperti anjing; dihalau ataupun dibiarkan, ia tetap menjulurkan lidahnya.”

 

Ibrahim, kekasih Ar-Rahman; ujian cinta untuknya bertubi-tubi dan menyayat hati; warisannya Rasul tuk kita dalam doa, “Rabbana wab’ats fihim…”

Source: @SalimAFillah (on twitter)

About rumahsedekah

Check Also

30012011102513harta

Mengapa Kita Wajib Belajar Ilmu Mawaris?

  Kalau kita harus membereskan masalah aqidah terlebih dahulu, tentu saja saya setuju. Sebab masalah ...

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *