photo of people in front of mosque during golden hour

BERGEMBIRA MENYAMBUT BULAN RAMADHAN

بسم الله الرحمن الرحيم، والحمد لله رب العالمين، والعاقبة للمتقين، والصلاة والسلام على عبده ورسوله وأمينه على وحيه وخليله وصفوته من عباده نبينا وإمامنا وسيدنا محمد بن عبدالله، وعلى آله وأصحابه، ومن سلك سبيله، واهتدى بهداه إلى يوم الدين

                Yang kami hormati, para alim ulama, para guru-guru, para tokoh masyarakat, dan hadirin wal hadirat jamaah Shalat Tarawih sekalian yang berbahagia.

                Alhamdulillah, puji syukur ke hadirat Allah we yang telah memberikan nikmat kepada kita semua sehingga pada malam hari ini kita bisa berkumpul bersama melaksanakan Shalat Isya dan Shalat Tarawih bersama. Tak lupa marilah kita memperbanyak ucapan shalawat dan salam kepada Rasulullah ﷺ, karena beliaulah suri tauladan kita yang diutus sebagai rahmatan lil ‘alamin, rahmat bagi semesta alam.

                Hadirin wal Hadirat yang Dimuliakan Allah Beberapa hari lagi kita akan kedatangan tamu yang agung yang datangnya hanya setahun sekali, yaitu Bulan Suci Ramadhan. Bulan yang disebut sebagai “sayyidusysyuhûr” Penghulu para bulan. Bulan yang di dalamnya dilimpahkan banyak kemuliaan. Di antaranya:

  • Pahala ibadah di lipatgandakan
  • Doa-doa dikabulkan
  • Dosa-dosa diampuni
  • Diamnya bernilai tasbih
  • Pintu-pintu neraka ditutup
  • Pintu-pintu langit dibuka
  • Pintu-pintu surge dibuka
  • Dan setan-setan di belenggu

                Pahala dilipatgandakan, hal ini seharusnya memotivasi kita untuk memaksimalkan ibadah. Doa-doa dikabulkan. hal ini harus kita gunakan untuk berdoa sebanyak-banyaknya. Dosa-dosa diampuni, hal ini harus kita gunakan untuk banyak bertaubat kepada Allah. Pintu-pintu surga dibuka, maksudnya Allah sangat mudah menurunkan rahmat. Adapun setan yang dibelenggu maksudnya adalah orang yang berpuasa harus mengekang hawa nafsu dan syahwat yang merupakan pintu mask setan yang paling dominan.

                Alangkah agungnya bulan suci Ramadhan ini! Karena- nya, marilah kita bergembira dalam menyambut datangnya bulan ini, bergembira karena iman, karena ingin beribadah kepada Allah .Azza wa Jalla secara maksimal selama Ramadhan bukan bergembira karena yang lain. Sungguh, orang yang bergembira menyambutnya dan berazzam menunaikan puas. semata-mata karena iman dan mengharap pahala dari Alah niscaya Allah akan memberinya ampunan atas segala dosa yang   pernah dilakukannya. Sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

“Barangsiapa yang berpuasa pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala (ridha Allah), maka diampuni dosa-dosanya yang terdahulu”. [1](HR. Bukhari [no.38] Muslim [no.760])

                Mudah-mudahan kita semua bisa mengisi waktu-waktu kita pada bulan Ramadhan ini untuk memaksimalkan ibadah, baik ibadah wajib maupun ibadah sunnahnya. Semoga Allah merahmati kita semua, âmîn ya Rabbal ‘Alamîn. Demikianlah yang dapat kami sampaikan terimakasih atas segala perhatiannya dan mohon maaf atas segala kekurangannya, Hadânallâhu wa iyyâkum ajma în.

 Wassalâmu ‘alaikum wa rahmatullâhi wa barakâtuh

References

References
1 (HR. Bukhari [no.38] Muslim [no.760])