Jaga Pandanganmu!

Imam Ibnul Qoyyim -Rahimahullah berkata: “Pandangan adalah asal seluruh bencana yang menimpa manusia. Bermula dari pandangan akan lahirlah keinginan, dan keinginan akan melahirkan pemikiran. Dari pemikiran akan lahirlah syahwat (hawa nafsu) yang pada akhirnya syahwat itu akan mendorong menjadi keinginan yang sangat kuat hingga terjadi apa yang ia inginkan.” (Al-Jawabul Kafi hal 79)

Sungguh menjaga pandangan di jaman sekarang ini adalah perkara yang amat sangat sulit, dengan banyaknya informasi yang diiringi dengan pesatnya teknologi, seseorang bisa menundukkan pandangan di dunia nyata, tapi sering kita dengar susah menjaga pandangan di dunia maya. Namun ingatlah wahai kawan, dengan semakin beratnya tantangan ini tidaklah menggugurkan syari’at Alloh untuk menjaga dan menundukkan pandangan.

Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

العَيْنَانِ تَزْنِيَانِ وَزِنَاهُمَا النَّظْرُ

“Dua mata berzina, dan zina keduanya adalah pandangan.” (Muttafaq ‘alaihi)

Begitu pula tentang fakta sejarah yang dijelaskan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam;

وَإِنَّ أَوَّلَ فِتْنَةِ بَنِي إِسْرَائِيْلَ كَانَتْ فِي النِّسَاء

“Dan sesungguhnya fitnah yang pertama kali menimpa bani Israil adalah fitnah wanita.” (HR Muslim)

Oleh karena itu musuh-musuh Islam bahkan musuh-musuh Allah dan RasulNya dari golongan Yahudi, Nasrani, orang-orang musyrik, dan komunis, serta antek-anteknya, mereka semua sangat ingin untuk menimpakan bencana ini kepada kaum muslimin dengan cara memanfaatkan para wanita.

Wahai Ikhwah, Jaga Pandanganmu..!